Pengertian Arsitektur Komputer
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah
konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer . Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi
fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan
proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan
dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memoru cache, RAM, ROM, cakram keras dll). Beberapa
contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur Von Naumann CISC, RISC, blue gene dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni
mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat
menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan
target biayanya.
Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:
·
Sistem desain dari
seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.
Arsitektur komputer merupakan suatu hal yang
sangat penting karena dapat memberikan berbagai atribut pada sistem komputer,
hal ini tentunya sangat dibutuhkan bagi perancang atau user software sistem dalam mengembangkan
suatu program.
Klasifikasi Arsitektur Komputer :
Arsitektur Von Neumann
Arsitektur von Neumann (atau Mesin Von Neumann) adalah arsitektur yang diciptakan oleh John von Neumann (1903-1957). Arsitektur ini digunakan oleh hampir semua komputer saat ini. Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”.
Pada perkembangan komputer modern, setiap prosesor terdiri dari atas :
Arsitektur von Neumann (atau Mesin Von Neumann) adalah arsitektur yang diciptakan oleh John von Neumann (1903-1957). Arsitektur ini digunakan oleh hampir semua komputer saat ini. Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”.
- Arithmetic and Logic Unit (ALU)
- Register.
- Control Unit
- Bus
Ukuran kecepatan prosesor adalah:
Hertz, yaitu jumlah clock atau ketukan prosesor tiap satu detik. Untuk prosesor modern memakai satuan
Megahertz atau Gigahertz.
Megahertz atau Gigahertz.
MIPS, singkatan dari Million Instruction Per Second, yaitu jumlah instruksi dalam juta tiap satu detik.
Flops, singkatan dari Floating Point per Second, yaitu jumlah perhitungan floating point tiap satu detik.
Floating point adalah metode untuk menuliskan bilangan dengan mantisa, contoh: 3 x 10-5.
Fractions of a second, yaitu waktu eksekusi relatif dari suatu instruksi pada sistem komputer.
Flops, singkatan dari Floating Point per Second, yaitu jumlah perhitungan floating point tiap satu detik.
Floating point adalah metode untuk menuliskan bilangan dengan mantisa, contoh: 3 x 10-5.
Fractions of a second, yaitu waktu eksekusi relatif dari suatu instruksi pada sistem komputer.
Jenis bus yang telah didukung oleh sistem komputer saat ini adalah:
ISA,
singkatan dari Industry Standard Architecture, merupakan jenis bus
standar pertama yang digunakan industri. Bus ISA beroperasi pada
kecepatan 8.33 MHz. Versi perkembangan dari ISA adalah
EISA (Extended ISA).
PCI, singkatan dari Peripheral Component Interconnect bus, merupakan jenis bus yang dikembangkan dan dipatenkan oleh Intel pada tahun 1990. Versi pertama PCI beroperasi pada kecepatan 33 MHz
dengan bandwidth 133 MB/dtk. PCI 2.0 diperkenalkan tahun 1993 dan PCI 2.1 tahun 1995 dengan bandwidth 528 MB/dtk.
AGP, singkatan dari Accelerator Graphic Port, merupakan bus hasil perkembangan dari PCI yang dikhususkan untuk pemrosesan data grafik dan video.
USB, singkatan dari Universal Serial Bus, pada awalnya dikembangkan secara bersama-sama oleh tujuh perusahaan, yaitu Compaq, DEC, IBM, Intel, Microsoft, NEC, dan Northern Telecom. Saat ini USB telah
menjadi standar yang digunakan secara luas dalam Personal Computer.
EISA (Extended ISA).
PCI, singkatan dari Peripheral Component Interconnect bus, merupakan jenis bus yang dikembangkan dan dipatenkan oleh Intel pada tahun 1990. Versi pertama PCI beroperasi pada kecepatan 33 MHz
dengan bandwidth 133 MB/dtk. PCI 2.0 diperkenalkan tahun 1993 dan PCI 2.1 tahun 1995 dengan bandwidth 528 MB/dtk.
AGP, singkatan dari Accelerator Graphic Port, merupakan bus hasil perkembangan dari PCI yang dikhususkan untuk pemrosesan data grafik dan video.
USB, singkatan dari Universal Serial Bus, pada awalnya dikembangkan secara bersama-sama oleh tujuh perusahaan, yaitu Compaq, DEC, IBM, Intel, Microsoft, NEC, dan Northern Telecom. Saat ini USB telah
menjadi standar yang digunakan secara luas dalam Personal Computer.
Arsitektur Von Neumann
Pada arsitektur Von Neumann, program dan data dibagi pada ruang memori yang sama.
Arsitektur Von Neumann menyediakan fitur penyimpanan dan modifikasi program secara mudah. Bagaimanapun, penyimpanan program tidak mungkin optimal dan membutuhkan berbagai pengumpulan program dan data untuk membentuk instruksi. Pengumpulan program dan data diselesaikan menggunakan time division multiplexing yang akan berpengaruh pada performa mikrokontroler itu sendiri.
Salah satu contoh mikrokontroler yang menggunakan arsitektur Von Neumann (princeton) adalah Motorola
68HC11.
68HC11.
Mesin Von Neumann
Pada bagian ini kita akan membahas tentang computer Von Numen, yang
kita gunakan sehari-hari. Pada dasarnya memang sebagian besar, atau
mungkin semua, komputer yang kita kenal adalah Von Neumann machines
(mesin Von Neumann), namun beberapa mesin yang dijelaskan pada bagian
selanjutnya nanti tidak termasuk. Istilah komputer Von Neumann machine
dalam sebagian besar konteks, hanyalah persamaan (sinonim). Kita akan
menyebutkan atau mengatakan komputer dengan kata von Neumann machine
(mesin von Neumann) jika komputer tersebut memenuhi kriteria berikut :
- Ia mempunyai tiga subsistem hardware dasar :
- Sebuah CPU
- Sebuah system memori utama
- Sebuah system I/O
- Ia merupakan komputer stored-program (program tersimpan). Sistem memori utama menyimpan program yang mengontrol operasinya, dan komputer dapat mengubah programnya sendiri untuk menambah atau mengurangi data lain yang ada di dalam memori.
- Ia merupakan komputer stored-program (program tersimpan). Sistem memori utama menyimpan program yang mengontrol operasinya, dan komputer dapat mengubah programnya sendiri untuk menambah atau mengurangi data lain yang ada di dalam memori.
- Ia menjalankan instruksi secara berurutan. CPU menjalankan,atau setidaknya akan menjalankan,satu operasi dalam sekali waktu.
- Ia mempunyai, atau paling tidak akan mempunyai, satu path antara sistem memori utama dan unit control CPU, hal ini biasanya dinamakan”von Neumann bottleneck.”
Komponen utama CPU adalah:
- Control unit (CU), yang mengontrol operasi komputer.
- Arithmetic dan logic unit (ALU), yang menjalankan operasi aritmetik, logika, dan shift untuk menghasilkan sesuatu.
- Register set, yang menyimpan berbagai macam nilai selama operasi komputer.
- Program counter (PC) (kadang-kadang disebut sebagai instruction counter), yang menyimpan alamat memori utarna dari suatu instruksi. PC adalah bagian dari register set (set register).
Cara Kerja Mesin Von Neumann
Kita dapat menganggap mesin Von Neumann sebagai komputer abstraksi yang menjalankan instruction, yaitu nilai dalam memori yang memberitahu computer mengenai operasi yang akan dijalankannya. Setiap instruksi mempunyai set instruction field (field instruksi), yang isinya memberikan detail tertentu untuk mengontrol unit, dan setiap instruksi mempunyai instruction format (format instruksi)-nya sendiri, yang merupakan cara penempatan field dalam memori. Instruction size (ukuran instruksi) adalah jumlah unit memori (biasanya diukur dalam byte) yang digunakan oleh instruksi. Untuk instruksi yang beroperasi pada data (contohnya instruksi aritmetik, logika, shift, karakter dan string), datanya merupakan operand bagi operasi, dan urutan item data tempat beroperasinya CPU adalah data stream. Instruction set dari computer adalah set instruksi yang dapat dijalankan oleh komputer. Setiap komputer mempunyai set instruksi sendiri. Setiap instruksi mempunyai operation code (op code), yaitu kode angka yang biasanya bisa dijumpai pada field pertama dari instruksi, yang memberitahu computer mengenai operasi yang akan dijalankannya. Field instruksi yang lain memberitahu komputer mengenai register yang akan digunakan, jumlah dan jenis data argumen, (misalnya, untuk operasi aritmetik dan logika), dan spesifikasi untuk alamat operand. Instruksi juga memberitahu komputer mengenai bit status prosesor yang akan diuji atau disusun dan mengenai apa yang harns dilakukan terhadapnya jika terjadi kesalahan. (Bit status prosesor, yang juga disebut flag, adalah register I-bit khusus yang ada dalam CPU). Program adalah urutan instruksi yang akan dijalankan komputer. Setiap instruksi mempunyai urutan logis dalam program, yang disebut logical address. Bila program berada dalam memori utama, maka setiap instruksi juga mempunyai physical address.
Kita dapat menganggap mesin Von Neumann sebagai komputer abstraksi yang menjalankan instruction, yaitu nilai dalam memori yang memberitahu computer mengenai operasi yang akan dijalankannya. Setiap instruksi mempunyai set instruction field (field instruksi), yang isinya memberikan detail tertentu untuk mengontrol unit, dan setiap instruksi mempunyai instruction format (format instruksi)-nya sendiri, yang merupakan cara penempatan field dalam memori. Instruction size (ukuran instruksi) adalah jumlah unit memori (biasanya diukur dalam byte) yang digunakan oleh instruksi. Untuk instruksi yang beroperasi pada data (contohnya instruksi aritmetik, logika, shift, karakter dan string), datanya merupakan operand bagi operasi, dan urutan item data tempat beroperasinya CPU adalah data stream. Instruction set dari computer adalah set instruksi yang dapat dijalankan oleh komputer. Setiap komputer mempunyai set instruksi sendiri. Setiap instruksi mempunyai operation code (op code), yaitu kode angka yang biasanya bisa dijumpai pada field pertama dari instruksi, yang memberitahu computer mengenai operasi yang akan dijalankannya. Field instruksi yang lain memberitahu komputer mengenai register yang akan digunakan, jumlah dan jenis data argumen, (misalnya, untuk operasi aritmetik dan logika), dan spesifikasi untuk alamat operand. Instruksi juga memberitahu komputer mengenai bit status prosesor yang akan diuji atau disusun dan mengenai apa yang harns dilakukan terhadapnya jika terjadi kesalahan. (Bit status prosesor, yang juga disebut flag, adalah register I-bit khusus yang ada dalam CPU). Program adalah urutan instruksi yang akan dijalankan komputer. Setiap instruksi mempunyai urutan logis dalam program, yang disebut logical address. Bila program berada dalam memori utama, maka setiap instruksi juga mempunyai physical address.
Langkah kerja Von Nerumann
- Pada waktu mesin von Neumann menjalankan suatu program, maka ia menjalankan instruksi satu per satu secara urut, kecualijika ada satu instruksi yang memberita bukan computer untuk tidak mematuhi urutan tersebut (rnisalnya, instruksi cabang).
- Urutan instruksi yang dijalankan komputer adalah instruction stream.
- Untuk menjaga track instruksi dalam memori, mesin von Neumann menggunakan PC.
- PC ini “pointsto” (menyimpan alamat dari) instruksi berikutnya yang akan dijalankan. Selama operasi biasa, unit control menjalankan urutan dua operasi dasar secara terus menerus: instruction fetch dan instruction execution. Urutan ini dinamakan von Neumann machine cycle. Selama instruction fetch (penjemputan instruksi), unit control menjemput instruksi berikutnya dari memori utama dengan menggunakan alamat yang disimpan dalam PC, dan ia menaikkan PC. Oleh karena itu, setelah penjemputan instruksi, PC menyimpan alamat dari instruksidalam memori yang akan dijalankan CPU berikutnya. Unit kontrol kemudian menjalankan instruksi
Keunggulan Von Neumann
- Mikroprosesor kecepatan telah meningkat dengan faktor 1000 +.
- Program lokalitas.
- Eksploitasi Program lokalitas melalui memori
- Mempunyai hirarki
Kekurangan Von Neumann
Ada kelemahan untuk desain Von Neumann. Selain hambatan Von Neumann
dijelaskan di bawah ini, modifikasi program dapat cukup berbahaya,
baik oleh kecelakaan atau desain. Dalam beberapa program yang
disimpan desain sederhana komputer, sebuah program tidak berfungsi dapat
merusak dirinya sendiri, program lain, atau sistem operasi mungkin
mengarah kepada kerusakan computer, pelindung memori atau yang lainnya
dari kontrol akses biasanya dapat melindungi terhadap kedua disengaja
dan modifikasi program berbahaya
Contoh Implementasi Von Neumann
Arthur Burks dan lain-lain di perpanjang karya von Neumann, memberikan banyak dan lebih jelas set lengkap detail mengenai desain dan operasi dari von Neumann diri replikator. Pekerjaan JW Thatcher sangat penting, karena ia sangat disederhanakan desain Namun, pekerjaan mereka tidak menghasilkan desain yang lengkap, sel demi sel, dari konfigurasi yang mampu menunjukkan diri-replikasi.Renato Nobili dan Umberto Pesavento diterbitkan pertama dilaksanakan sepenuhnya mereproduksi dirinya sendiri selular robot pada tahun 1995, hampir lima puluh tahun setelah bekerja von Neumann. Mereka menggunakan 32-negara seluler robot bukan asli von Neumannspesifikasi 29-negara , memperluas untuk memungkinkan lebih mudah menyeberangi sinyal-dan desain lebih kompak. Mereka juga menerbitkan sebuah implementasi konstruktor umum dalam 29-keadaan semula CA tapi tidak salah mampu replikasi lengkap – konfigurasi tidak dapat menduplikasi kaset nya, juga tidak dapat memicu keturunannya; konfigurasi hanya dapat membangun. Pada tahun 2007, diterbitkan Nobili implementasi 32-negara yang menggunakan run-length encoding untuk sangat mengurangi ukuran rekaman itu Pada tahun 2008, William R. Buckley diterbitkan dua konfigurasi yang replikator diri dalam keadaan semula 29-CA dari von Neumann. Buckley mengklaim bahwa persimpangan sinyal dalam von Neumann 29-selular automata negara tidak perlu konstruksi diri-replikator. Buckley juga menunjukkan bahwa untuk tujuan evolusi, replikator masing-masing harus kembali ke konfigurasi semula setelah replikasi, agar mampu (dalam teori) membuat lebih dari satu salinan. Sebagai diterbitkan, desain tahun 1995 Nobili-Pesavento tidak memenuhi persyaratan ini tetapi desain 2007 dari Nobili tidak; yang sama juga berlaku konfigurasi Buckley. Pada tahun 2004, D. Mange dkk, elaporkan pelaksanaan replikator diri yang konsisten dengan desain dari von Neumann. Pada tahun 2009, diterbitkan dengan Buckley Waduh konfigurasi ketiga untuk von Neumann 29- negara otomata selular, yang dapat melakukan baik holistik self-replikasi, atau self-replikasi oleh konstruksi parsial. This configuration also demonstrates that signal crossing is not necessary to the construction of self-replicators within von Neumann 29-state cellular automata. Konfigurasi ini juga menunjukkan bahwa persimpangan sinyal tidak diperlukan untuk pembangunan diri replikator dalam von Neumann 29-negara selular automata. CL Nehaniv pada tahun 2002, dan juga pada tahun 2004, mengusulkan sebuah konstruktor yang universal langsung diimplementasikan pada sebuah robot seluler asynchronous, bukan atas sinkron otomat seluler.
Contoh Implementasi Von Neumann
Arthur Burks dan lain-lain di perpanjang karya von Neumann, memberikan banyak dan lebih jelas set lengkap detail mengenai desain dan operasi dari von Neumann diri replikator. Pekerjaan JW Thatcher sangat penting, karena ia sangat disederhanakan desain Namun, pekerjaan mereka tidak menghasilkan desain yang lengkap, sel demi sel, dari konfigurasi yang mampu menunjukkan diri-replikasi.Renato Nobili dan Umberto Pesavento diterbitkan pertama dilaksanakan sepenuhnya mereproduksi dirinya sendiri selular robot pada tahun 1995, hampir lima puluh tahun setelah bekerja von Neumann. Mereka menggunakan 32-negara seluler robot bukan asli von Neumannspesifikasi 29-negara , memperluas untuk memungkinkan lebih mudah menyeberangi sinyal-dan desain lebih kompak. Mereka juga menerbitkan sebuah implementasi konstruktor umum dalam 29-keadaan semula CA tapi tidak salah mampu replikasi lengkap – konfigurasi tidak dapat menduplikasi kaset nya, juga tidak dapat memicu keturunannya; konfigurasi hanya dapat membangun. Pada tahun 2007, diterbitkan Nobili implementasi 32-negara yang menggunakan run-length encoding untuk sangat mengurangi ukuran rekaman itu Pada tahun 2008, William R. Buckley diterbitkan dua konfigurasi yang replikator diri dalam keadaan semula 29-CA dari von Neumann. Buckley mengklaim bahwa persimpangan sinyal dalam von Neumann 29-selular automata negara tidak perlu konstruksi diri-replikator. Buckley juga menunjukkan bahwa untuk tujuan evolusi, replikator masing-masing harus kembali ke konfigurasi semula setelah replikasi, agar mampu (dalam teori) membuat lebih dari satu salinan. Sebagai diterbitkan, desain tahun 1995 Nobili-Pesavento tidak memenuhi persyaratan ini tetapi desain 2007 dari Nobili tidak; yang sama juga berlaku konfigurasi Buckley. Pada tahun 2004, D. Mange dkk, elaporkan pelaksanaan replikator diri yang konsisten dengan desain dari von Neumann. Pada tahun 2009, diterbitkan dengan Buckley Waduh konfigurasi ketiga untuk von Neumann 29- negara otomata selular, yang dapat melakukan baik holistik self-replikasi, atau self-replikasi oleh konstruksi parsial. This configuration also demonstrates that signal crossing is not necessary to the construction of self-replicators within von Neumann 29-state cellular automata. Konfigurasi ini juga menunjukkan bahwa persimpangan sinyal tidak diperlukan untuk pembangunan diri replikator dalam von Neumann 29-negara selular automata. CL Nehaniv pada tahun 2002, dan juga pada tahun 2004, mengusulkan sebuah konstruktor yang universal langsung diimplementasikan pada sebuah robot seluler asynchronous, bukan atas sinkron otomat seluler.
Mesin Non Von Neumann
Tidak semua komputer merupakan mesin von Neumann. Flynn, pada tabun 1966, mengklasifIkasikan arsitektur komputer menurut berbagai sifatnya, yang meliputi jumlah prosesor, jumlah program yang dapat dijalankan, dan struktur memori. KlasifIkasinyaitu mencakup kategori berikut :
Tidak semua komputer merupakan mesin von Neumann. Flynn, pada tabun 1966, mengklasifIkasikan arsitektur komputer menurut berbagai sifatnya, yang meliputi jumlah prosesor, jumlah program yang dapat dijalankan, dan struktur memori. KlasifIkasinyaitu mencakup kategori berikut :
- - Single instructionstream,singledatastream (SISD)/satualiran instruksi,satu aliran data Arsitektur von Neumann termasuk dalam klasifIkasi ini. Komputer SISD mempunyaisatu CPU yang menjalankansatu instruksipadasekali waktu (oleh karenanya disebut aliran instruksi tunggal) dan menjemput atau menyimpan satu item data pada sekali waktu (oleh karenanya disebut aliran data tunggal)
- Single instruction stream, multiple data stream (SIMD)/ satu aliran instruksi, beberapa aliran data Array prosesor tennasuk dalam kategori ini. Mesin SIMD mempunyai sebuah CU yang beroperasi seperti mesin Von Neumann (yaitu, ia menjalankan satu aliran instruksi), namun mesin SIMD mempunyai lebih dari satu PE. CU menghasilkan signal kontrol untuk semua PE, yang menjalankan operasi yang sama, biasanya pada lockstep, pada item data yang berbeda (oleh karenanya disebut aliran data banyak). Dibawah ini merupakan gambar diagram bloknya.
- Multiple instruction stream, single data stream (MISD)/ beberapa a1iran instruksi, satu aliran data. Secara logis, mesin dalam kelompok ini akan menjalankan berbagaiprogram pada itemdatayang sama. Sekarang, telah ada mesin jenis ini, walaupun beberapa sistem MIMD bisa digunakan dengan cara ini.
- -Multiple instruction stream, multiple data stream (MIMD)/ beberapa aliran instruksi, beberapa aliran data. Mesin MIMD juga disebut multiprosesor.Ia mempunyailebih dari satu prosesor independen,dan setiap prosesor dapat menjalankan program yang berbeda (oleh karenanya disebut aliran data banyak) pada datanya sendiri (oleh karenanya disebut aliran data banyak).
Note : Mesin SIMD dan MIMD adalah parallel processor
(prosesor paralel), karena mereka beroperasi secara paralel pada lebih
dari satu data sekali waktu. Arsitektur multiprosesor dapat dibagi
menjadi dua kategori, didasarkan pada susunan sistem memorinya:
- Global memory (GM) system architecture!arsitektur sistem memori global. Satu sistemmemoriglobaldigunakanbersamaoleh semuaprosesor. Arsitektur komputer berunjuk kerja tinggi pada saat ini adalah dari jenis ini, dan ketiga arsitektur yang ada berdasarkan gambar diatas
- Local-memory (LM) system architecture !arsitektur system memori lokal. Disini, satu system penyimpanan digunakan untuk setiap prosesor. Multi prosesor dengan LM mungkin juga mempunyai GM dan juga disebut multiple processor.
- Pada saat sekarang ini kita akan membahas tentang SIMD (Single instruction stream, multiple data stream).
- Mereka mendistribusikanpemrosesanke sejumlah hardware.
- Mereka beroperasi secara.bersama-sama pada beberapa elemen data yang berbeda.
- Mereka menjalankan komputasi yang sarna pada semua e1emen data.
Lucky Club Casino Site, Review & Rating 2021 - Luckyclub
ReplyDeleteLucky Club Casino, an online betting site in 2020, has a rich history. luckyclub.live They offer numerous games, generous bonuses and a fast-growing team of